MAKALAH TEORI BELAJAR MENURUT SKINNER PDF

0 Comments

aplikasi teori behavioristik thd pendidikan. makalah teori behavioristik Secara teoritik, belajar dalam konteks behaviorisme melibatkan empat C. Burrhus Frederic Skinner (), Teori Operant Conditioning. Makalah; Tips dan Trik; Berita; Tutorial; Download; Album; Catatan Skinner menyatakan bahwa belajar merupakan “Tingkah laku sebagai Menurut teori conditioning, belajar adalah suatu proses perubahan yang terjadi. 1 Makalah: MODIFIKASI PERILAKU, Sunardi, PLB FIP UPI, KONSEP DASAR teori yg modern dalam prinsip psikologi belajar. Menurut Wolpe penerapan dari teori Skinner, sering juga disebut sebagai behavior therapy. Merupakan.

Author: Meran Zulkilrajas
Country: Senegal
Language: English (Spanish)
Genre: Medical
Published (Last): 8 July 2004
Pages: 339
PDF File Size: 5.16 Mb
ePub File Size: 12.56 Mb
ISBN: 194-3-24195-594-6
Downloads: 22142
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Vozragore

Makin sering diulangi, materi pelajaran akan semakin dikuasai. University of Minnesota Press. This is because the dimensions affect expectancy and value. Pandangannya tentang belajar diilhami oleh pandangan Kolb mengenai tahapan-tahapan belajar. Maka sebenarnya konselor belum dapat memahami makna pengalaman yang dialami kliennya. This psychology-related article is a stub.

kajianpsikologi | Just another site

Tetapi sebenarnya skinndr dan bakat tidak dapat dipisahkan karena apa yang telah dicapai seseorang di masa lalu biasanya merupakan indikator cukup baik untuk sesuatu yang diharapkan di masa mendatang. Evolutionary psychologists see those behaviors and emotions that are nearly universal, such as fear of spiders and snakes, as more likely to reflect evolved adaptations.

Jadi, jika ditinjau dari segi kekuatannya, belajar memiliki kekuatan dan manfaat yang sangat besar.

Tapi aku tidak merasa enak…. Published on Apr View Download Ini juga berarti bahwa semakin tidak terstrukturnya tugas, semakin besar kemungkinan bahwa jawaban-jawaban yang diberikan subyek mengandung faset-faset penting dari kepribadian subyek. Selain itu dengan teori dan prinsip-prinsip belajar guru juga dapat memiliki dan mengembangkan sikap yang diperlukan untuk menunjang peningkatan belajar siswa.

Namun bedanya adalah penguat positif menambah, sedangkan penguat negatif adalah mengurangi agar memperkuat respons. Bias atribusi fundamental ini pertama kali dikemukakan oleh Lee Ross. Menjalin hubungan dengan klien adalah sangat penting, karena hubungan dengan klien merupakan pusat dalam proses konseling serta sangat dibutuhkan dalam mempelajari teknik konseling sebagai upaya meningkatkan efektivitas proses konseling. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode drill atau pembiasaan semata.

  BAJTIN CARNAVAL Y LITERATURA PDF

Dalam tes kelompok, sukar membuat asosiasi karena waktu yang tersedia terbatas. Lebih menekankan pada proses belajar bagaimana belajar itu. Pandangan ini dipegang terus oleh banyak ahli dan diterapkan pada situasi praktis. Jadi walaupun dia mengakui adanya perubahan-perubahan mental dalam diri seseorang selama proses belajar, namun makzlah menganggap faktor tersebut sebagai hal yang tidak perlu diperhitungkan karena nakalah dapat diamati.

makalah teori behavioristik

Page 4 of 8Dalam argumentasi Pavlov ini terlihat bahwa aktivitas belajar berlansung dalam suatu proses evolusi melalui stimulus terkondisi yang dirancang secara sistematis dan dikontrol secara ketat untuk mendapat perilaku belajar yang memadai. Home Documents makalah teori behavioristik. Allyn and Bacon Slavin, R. Penguatan sekedar hanya melindungi hasil belajar yang baru agar tidak hilang dengan jalan mencegah perolehan respon yang baru.

Perlu ditambahkan bahwa semakin tinggi status dari figure yang mempunyai otoritas serta adanya keyakinan bahwa yang bertanggung jawab terhadap perilaku kepatuhannya itu adalah sumber otoritas maka orang akan semakin patuh untuk bertingkah laku misal: Namun dari semua teori yang ada, teori Skinnerlah yang paling besar pengaruhnya terhadap perkembangan teori belajar behavioristik.

Orang yang kuat akan kebutuhan inklusi ini akan nampak melalui keinginan untuk dikenal, terkemuka, dsb. Menurut Thorndike, belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon.

Akibat suatu perbuatan dapat menular baik pada bidang lain maupun pada individu lain.

Tehnik proyeksi biasanya terdiri dari rangsang yang tidak terlalu berstruktur dan subyek diminta untuk memberi tanggapan terhadap rangsang-rangsang yang diajukan. Tdori, mencakup dorongan dari luar dan penghargaan terhadap diri sendiri. Dengan kata lain, sejauhmana sesuatu dijadikan habits.

  C337 DATASHEET PDF

Sedangkan bila orang tersebut hanya kadang-kadang saja tertawa terhadap lelucon Tessy, ia memiliki konsistensi yang rendah. Beberapa prinsip dalam teori belajar behavioristikmeliputi: Doublethink is the act of holding two contradictory beliefs simultaneously and fervently believing both. Dimensi kedua, memandang dari makalh stabilitas penyebab, stabil atau tidak stabil.

Jadi sifat yang keras dan sikap yang keras bila terlalu ditekan, akan patah. Flexibility Keluwesan dalam memikirkan sesuatu.

resume belajar dan pembelajaran

De-individuasi dapat mendorong orang untuk tidak konform dengan kelompok karena orang tidak dikenal identitasnya. Keinginannya untuk bepajar seorang penulis membuat ia selalu berkarya melalui tulisan. This is kind of off topic but I need some help from an established blog.

Prinsip menunjukkan bahwa prinsip utama dalam belajar adalah ulangan. Ini berbeda dengan keadaan, dimana banyak orang melakukan hal yang sama.

Hi there, just became aware of your weblog through Google, and located that it is truly informative. Bila telri ditambahkan positive reinforcement maka respon akan semakin kuat. Beberapa bias yang dikenal dalam atribusi adalah:. Pelaku akan menekankan pada faktor situasional. Apabila standar diri ini diterapkan dalam memberi atribusi, maka bias sulit untuk dihindarkan. Which route is taken is determined by the extent of elaboration.

resume belajar dan pembelajaran

It was really informative. Walaupun gambar-gambar yang dibuat subyek biasanya merupakan bayangan tubuh dan konsep dirinya, tetapi perubahan-perubahan dalam sikap dan suasana hati karena situasi juga dinyatakan disini.

Orang yang demikian bisa diberi atribusi internal-stabil.