BUDIDAYA TIMUN PDF

0 Comments

kebunia yuk! budidaya timun mini Budidaya Timun Mini. Budidaya Timun Jepang. Timun Jepang yang dikenal dengan nama Zucchini ini ternyata memiliki begitu banyak manfaat. Dari tampilannya, sayuran ini terlihat.

Author: Moogunos Nikozshura
Country: Seychelles
Language: English (Spanish)
Genre: Literature
Published (Last): 3 August 2015
Pages: 84
PDF File Size: 15.3 Mb
ePub File Size: 16.4 Mb
ISBN: 968-9-24955-888-5
Downloads: 34037
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Ninris

Biji timun suri kemudian dibersihkan dan diseleksi dengan cara merendamnya dalam air. Bagi anda yang ingin budidaya timun suri, saat ini adalah waktu yang tepat untuk menanam, selambat-lambatnya penanaman dilakukan pada akhir bulan Maret ini.

Siapkan media semai dan polybag, media semai yang digunakan adalah campuran tanah dan pupuk akndang atau kompos dengan perbandingan 2: Setelah tumbuh, perkenalkan dengan sinar matahari secara penuh agar bibit kuat dan tidak layu saat ditanam. Banyak yang mengatakan tanaman ini adalah jenis tanaman musiman padahal bukan, timun suri bisa ditanaman kapan saja dan tidak mengenal musim.

Taburkan dolomit kapur pertanian jika pH tanah dibawah 5,5. Kemudian tiriskan, sebelum benih ditanam tambahkan insektisida secukupnya agar benih terhindar dari gangguan hama semut dan hama lainnya. Benih timun suri bisa ditanam langsung ke lahan atau disemai terlebih dahulu.

Cara Menanam Timun Suri

Pemupukan susulan timun suri bisa dilakukan dengan cara dikocor atau ditaburkan. Pemupukan dilakukan dengan cara ditabur, dosisnya sama dengan pemupukan susulan ke-4 yaitu 20 kg pupuk NPK 16 untuk tanaman. Namun yang harus diwaspadai adalah ketika tanaman baru dipindah tanam sampai usia 20 hari setelah tanam. Pemupukan dilakukan dengan cara ditabur, dosisnya adalah 30 kg pupuk NPK 16 untuk tanaman. Mungkin karena timun suri hanya banyak dijumpai pada bulan puasa saja makanya disebut tanaman musiman.

  BLACKFIN 531 PDF

12 Tips Cara Budidaya MENANAM TIMUN SURI Agar Buah Lebat Panen Puasa

Agar tanaman timun suri tumbuh maksimal dan sesuai harapan, maka perlu dilakukan pemupukan susulan. Pada bulan puasa harga timun suri bisa mencapai Rp. Penyulaman bisa dilakukan maksimal sampai tanaman berusia 10 hari setelah tanam. Jika tanah buxidaya digunakan untuk menanam timun suri sangat subur, dosis dan frekuensi pemupukan bisa dikurangi. Daun dan ukuran bji timun suri lebih mendekati blewah, labu, semangka dan melon.

Kemudian lahan dibajak atau dicangkul.

Namun jika menginginkan benih yang seragam dan tumbuh serempak, lebih baik disemai terlebih buvidaya menggunakan polybag. Penaburan pupuk dasar dilakukan 10 atau 15 hari sebelum penanaman. Tergantung dari kondisi tanaman, jika tanaman sehat dan perawatannya cukup masa panen bisa lebih lama. Buah timun suri yang sudah siap dipanen adalah buah yang sudah cukup fimun, ditandai dengan mengeringnya tangka buah atau buah yang sudah terlepas dari tangkainya.

Ambil benih yang tenggelam dan bydidaya benih yang terapung, kemudian tiriskan dan dijemur hingga kering. Sampai usia 50 hari setelah tanam pemupukan dihentikan, karena secara otomatis pertumbuhan tanaman akan terhenti.

  AFTERLIGHT ALEX SCARROW PDF

Taburkan pupuk dasar pada bedengan, berupa pupuk kompos atau pupuk kandang. Lakukan pengontrolan secara rutin, segera lakukan penyulaman jika terdapat tanaman yang mati dimakan hama atau tidak tumbuh.

Berikut ini panduan tahapan-tahapan dalam berbudidaya timun suri:.

Selanjutnya adalah penyiangan, lakukan penyiangan jika terlihat tumbuh rumput liar atau gulma. Timun suri dikenal sebagai tanaman yang masih sejenis dengan mentimun, padahal bukan mentimun.

Buah timun suri sudah bisa mulai dipanen pada usia antara 60 — 70 hari setelah tanam. Benih bisa diperoleh dengan cara membuat benih sendiri dari tanaman sebelumnya.

Jika budidaya dilakukan pada musim hujan dan tanah dalam kondisi basah, pemupukan bisa dilakukan dengan cara ditabur. Tanaman timun suri dewasa yang sudah berdaun lebat dan memiliki banyak cabang mampu bersaing dengan gulma.

Demikian juga sebaliknya, jika tanah kurang subur dosis dan frekuensi serta jenis pupuk budidaja digunakan disesuaikan dengan kondisi. Pilihlah buah timun suri yang sehat dan cukup tua, ditandai dengan kulit buah yang pecah dan mengeluarkan aroma harum khas timun suri. Jika diperhatikan, secara fisik timun suri tidak mirip dengan mentimun, baik tajuk tanamannya, daunnya, maupun bijinya tidak sama dengan mentimun.